Frequently Asked Question about Mapro

Gimana rasanya kuliah Mapro?

Luarr biasaaaa banget rasanyaaa! Senenggg banget setiap belajar materi profesiii tapi ya capeknya Masya Allah wkwkwk jadi semakin paham kenapa orang-orang yang udh masukk pasti bilang ini. Trs enggak disarankan buat nyambi kerja karena mana sempat haha :D Tapiii karena emang ini pilihan dan mimpi aku dari duluuu jadi Alhamdulillah trs mjd alasan aku untuk bangun pagi, siap-siap, dan berangkaat!

Apa saran terbaik buat hadapin rangkaian tes Mapro?

Kalau buat berkas2 toefl, tes TPA (UPAPs/TPA OTTO Bappenas), dan cari surat rekomendasinya dicicil aja. Jadi ngumpulinnya ga mepet deadline wkwkwk :D. Laluu aku merasa bisa menjawab tes materi S1 Psikologi yaa mengandalkan ingatan dan pemahaman pas kuliah kmrn aja. Trs sepanjang wawancara itu penting banget buat udah tau mau kamu dan percaya diri aja (walaupun buat aku sendiri emg sulit wkwkw)! Cuman ya aku sih selalu mikir kalau memang ini rejeki dan jalan aku pasti dapet kalau bukan ya berarti ada ‘rencana’ lain dr Allah swt kaan! (tetep belajar alat tessss yaaa meskipun blm tau bakal diterima/ngga diinget2 lagi dah tuu alat tes, cara administrasi, skoring, dst!! jgn mikir ah ntar aj pas kuliah S2, soalnya pas udh keterima bakal GASSSS NGENGGG ngebut bgt :”)

Kenapa milih kuliah Mapro di UGM bukan di UI?

Sebenernya kalau ditanya jawaban klisenya sih yaa pengen cari lingkungan yang berbeda. Bosen kali ah di satu tmpt yang sama terus. Dengan harapan bisa ketemu dosen, temen-temen, dan siapaa tau kan jodoh di sini?

Tapi kalau pake jawaban yg lebih berbobot sebenernya emg dari segi kurikulum dan nilai2 di antara dua univ ini ya punya perbedaan yang cukup signifikan yaa.

Mapro itu lulusnya berapa tahun sih?

WKWKW ini penting sih emang soalnya aku sempet salah jawab pas wawancara malu banget XD. Sebenernya kalau di tiap univ bisa jadi beda ya pengaturan kurikulum/beban akademisnya, tapi di Mapro UGM sendiri normalnya makan waktu 2,5 tahun yaa.

Di Mapro ambil peminatan apa dan kenapa?

Aku ambill kliniss nih, karena emang aku sangat sukaa dengan bidang ini dari S1 dan punya alasan personal lain hihi. Sama aku ga terlalu berminat sama bidang yang lain eh pas nyobain kuliah sejauh ini jg terasa cocoknya emang di klinis sih walau tidak berarti tanpa tantangan juga yaa kuliahnya:’). Trs juga kalau belajar klinis as a core of psychology Insha Allah bisa lebih luas pemahaman ke bidang2 lain sihh dan smogaa bisa bantu lebih banyakk orang.

Gimana sih sistem belajar di Mapro, bedanya apa sama S1?
Jujurr, buat aku sistem belajar di Mapro ini emg 10x lipat lebih berat dari S1. Tapi yaa krn kebetulan dulu di UI juga sebenernya udh terbiasa buat ngerjain tugas banyak dan deadline deket, tapi klo di Mapro lebih advance konten dan waktunya lebih mepet aj atau suka tbtb kelas pengganti siap2 aj dah menerima kejutan sudah mjd makanan sehari-hari kita XD. Pokokknya kita dituntut untuk lebih mandiri, resilien, kerja cepat, dan adaptif.

Apa pesan buat yang mau nyoba ambil mapro tahun depan?

Jangan pernah merasa kecil hati/rendah diri duluan dan mikir ga bakal lolos sihh. Kalau emg kalian merasa diri kalian punya alasan kuat kenapa mesti diterima di tahun itu. Ya, tunjukkin aja keseriusan dan niat kalian itu :)

Apa sih tantangan terberat buat anak mapro?

Mungkin tiap orang bakal punya jawaban berbeda yaa. Tapi buat aku sendiri yang pertama kali harus merantau di S2 ini. Yang paling sulit adalah belum bisa beradaptasi tapi udah disuruh ‘lari’ ngejar materi, tugas, deadline, dan seterusnya. Bener-bener setiap pulang sll capek banget. Fisik & mental. Kayak sampe sekarang pun masih terus nyari ‘rutinitas’ yg ideal dengan segala ketidakidealan/tantangan yg ada. Biar tetep sehat mental dan fisiknya :”)

Apakah kamu kuliah S2 ini pake beasiswa? Klo iya, persiapannya gimana tuh?

Enggak nih. Aku merasa kurang cukup waktu buat persiapan beasiswa dan discuss sm ortu boleh dibayarin full Alhamdulillah :)

Apa ciri khas/perbedaan yg signifikan antara Mapro UGM dgn univ lain?

Sistem pembelajaran di sini tuh gabungin antara materi kemagisteran (sistem sks) dan materi profesi (sistem blok). Jadi rasanya….aduhai lelah banget wkwkw. Kuliah dari sen-jumat jamnya pagi-sore dengan beban akademis teori dan praktek sama banyaknya. Misal dari semester 1 ini kita udh mulai praktek konseling juga. Trs misal kita lagi UTS materi kemagisteran ya kuliah profesi tetap jalan terus gas ngeng plus tugas individu dan kelompoknya. Jangan pernah berharap punya waktu kosong deh </3 mesti pinter2 bagi waktu dan adaptif dengan segala kejutannya. Daaan ini yang mungkin tambah berat lagi bebannya karena klinis di sini belajar anak dan dewasa jadiii kita nanganin klien anak dan dewasa juga :) belajar semua alat tesnya :) wah pokokknya seru bgt tapi ya lelah juga :)

--

--

Seize the day

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store